Tata Cara Sholat Taubat dan Bacaan Dzikir Serta Sunnah Didalamnya

Dosa adalah sesuatu yang sangat tidak disukai serta dibenci oleh Allah SWT. Walaupun manusia merupakan tempat gudangnya kesalahan yang bisa berujung pada perbuatan dosa. Akan tetapi manusia diciptakan akal untuk berpikir serta bertindak agar bisa melawan hawa nafsu untuk tidak terjerumus pada perbuatan khilaf atau kesalahan yang berujung perbuatan dosa. Oleh sebab itu, sebagai manusia yang memiliki iman tentu kita harus berusaha untuk tidak terjerumus pada perbuatan salah yang terjerumus kedosa.

Dalam ajaran Islam, sebanyak apapun dosa yang telah kita perbuat dan saat kita menyesal melakukannya. Tentu kita tidak boleh berkecil hati sebab Allah SWT memberikan kesempatan kepada hamba-Nya untuk memohon ampunan terhadap segala sesuatu kesalahan ataupun kekhilafan yang dibuat melalui taubat. Taubat sendiri merupakan bentuk memohon ampun atas segala rasa dosa yang telah diperbuat. Salah satu cara dalam melakukan taubat itu sendiri dengan sholat taubat. Lalu apa itu sholat taubat serta bagaimana tata cara sholat taubat itu? Inilah dia penjelasannya secara lengkap.

Sholat Taubat dan Tata Cara Sholat Taubat Sesuai Ajaran

Salat Taubat adalah salat Sunnah yang dilakukan seorang muslim saat ingin bertobat terhadap kesalahan yang pernah ia lakukan. Salat taubat dilaksanakan dua raka’at dengan waktu yang bebas kecuali pada waktu yang diharamkan untuk melakukan salat taubat. Dari penjelasan diatas maka memang dapat disimpulkan bahwa sholat taubat adalah sholat yang dilakukan untuk meminta dan memohon ampunan Allah SWT dari segala dosa ataupun kesalahan yang telah dilakukan. Saat melakukan sholat taubat sendiri tentu ada beberapa tata cara sholat taubat yang wajib dilakukan seperti termasuk membaca niat. Ketika melakukan sholat taubat sendiri tentu kita wajib melaksanakan sholat dengan bersungguh-sungguh sambil berjanji untuk tidak melakukan perbuatan dosa lagi.

Dalam melakukan tata cara sholat taubat sendiri ada beberapa tuntunan yang harus dilakukan dimana tuntunan ini bisa menjadi syarat untuk dilaksanakan pada saat sholat taubat itu sendiri, Bagi kamu yang mungkin hendak belajar mengenai sholat taubat sendiri, berikut beberapa cara sholat taubat sesuai sunnah yang telah suara.ac.id rangkum :

  1. bersuci atau wudhu
  2. Mengucapkan niat sholat taubat nasuha.
  3. Melakukan Takbiratul ihram.
  4. Membaca doa iftitah (Allahu akbar kabiiro…).
  5. Melanjutkan membaca surat Al-Fatihah.
  6. Membaca surat surat pilihan.
  7. Rukuk.
  8. I’tidal.
  9. Sujud.
  10. Duduk diantara dua sujud (duduk iftiros)
  11. Sujud kedua.
  12. Bangun melanjutkan rakaat yang kedua mengikuti urutan diatas sampai yang ke 10.
  13. Tasyahud akhir.
  14. Salam.
  15. Beristighfar dan berdoa memohon ampunan.

Selain Tata Cara Sholat Taubat, Ini Bacaan Dzikir dan Niat Sholat Taubat

Dalam melaksanakan sholat taubat yang dimana merupakan sholat untuk memohon ampunan Allah SWT atas segala serta kekhilafan yang telah kita perbuat. Dalam tata cara sholat taubat salah satu syarat atau cara untuk melakukan sholat taubat sendiri adalah dengan membaca niat sebelum menunaikan sholat dan dilanjutkan membaca dzikir setelah melakukan sholat taubat. Berikut ini bisa kamu amalkan bacaan niat serta dzikir dalam sholat taubat.

1. Niat Sholat Taubat 

Ushalli sunnatat taubati rak’ataini lillahi ta’ala

Artinya : “Aku berniat melakukan sholat taubat dua rakaat karena Allah ta’ala”

2. Dzikir Setelah Sholat Taubat

Astaghfirullahal ladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuumu wa atuubu ilaihi.

Artinya: “Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepada-Nya.”

Sholat taubat merupakan bentuk cara kita melakukan ampunan dan taubat atas segala kesalahan serta kehilafan yang telah kita perbuat. Nabi Muhammad SAW sendiri sangat menyarankan umatnya untuk melaksanakan taubat dan tidak ditunda sebagai bentuk rasa penyesalan kita atas segala dosa yang kita perbuat. Itula tadi beberapa penjelasan mengenai sholat taubat, bacaan niat serta dzikir yang bisa diamalkan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Leave a Comment